Rabu, 24 Juli 2013

Usir Nyamuk Dengan Mudah dan Menyenangkan

0



Rumah adalah sarana paling tepat, mudah dan murah untuk berkumpul bersama keluarga. Setelah seharian beraktifitas di tempat yang berbeda, anak di sekolah, orangtua di tempat kerja, dan kegiatan lainnya, membuat komunikasi antar anggota menjadi suatu hal yang sangat diperlukan. Salah satu caranya adalah berkumpul sambil menyantap hidangan khas di ruang keluarga, di taman atau halaman rumah. Namun, seringkali hal itu terganggu dengan adanya nyamuk apalagi saat musim penghujan. Suasana berkumpul tidak lagi menyenangkan.

Nyamuk bisa mengetahui keberadaan kita melalui kemampuan mereka dalam membaui aroma, termasuk karbondioksida yang kita hembuskan saat bernapas. Sehingga saat ingin membasmi mereka, yang harus dikelabuhi adalah indra penciuman mereka. Ada beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir keberadaan serangga menyebalkan ini karena memiliki aroma yang khas, antara lain:

Lavender (Lavandula agustifolia)



Tidak hanya dapat menghindarkan rumah Anda dari nyamuk, bunga ini juga sangat cantik. Di balik kecantikannya, terdapat zat linalool dan lynalyl acetate yang tidak disukai nyamuk.

Geranium atau tapak dara (Pelagornium citrosa)


 
Tanaman ini juga mampu mengusir nyamuk karena keharumannya. Anda hanya perlu meletakkannya di pekarangan rumah, lalu biarkan tanaman tersebut mengeluarkan wanginya yang khas.

Serai wangi (Cymbopogon nardus) 


Tanaman ini mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, dan asam organik yaitu sitonelal. Singkatnya, kandungan ini tidak disukai nyamuk. Letakkan tanaman rimbun ini di pekarangan rumah Anda. Bentuknya yang menjuntai dapat "memenuhi" dan memberikan "volume" pada taman.

Zodia (Evadia suaveolens)


Zodia memiliki kesamaan dan perbedaan dengan ketiga tanaman sebelumnya. Sama seperti lavender, geranium, dan serai wangi, zodia akan mengeluarkan aroma jika daun-daunnya saling bergesekan. Sayangnya, tanaman ini tidak kuat terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, tanaman ini lebih cocok dijadikan tanaman indoor. Anda dapat menempatkan tanaman ini di dekat jendela atau ventilasi ruangan. 

Tentu tidak hanya dengan mengusir, nyamuk juga perlu dicegah perkembangbiakannya. Hindari genangan air dan sudut-sudut yang gelap serta lembap. Jika Anda ingin membuat kolam ikan, pastikan airnya selalu mengalir dan peliharalah ikan mas atau ikan lain yang bisa memakan jentik-jentik nyamuk. Sehingga nyamuk tidak bisa berkembang biak. 

Itu sekilas tips untuk mengusir nyamuk. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar