Senin, 22 Juli 2013

Mengatur Penerangan Kamar Mandi

0

Anda tentu pernah melihat film horor dengan ruang kamar mandi yang cenderung gelap, pengap dan menyeramkan. Bagaimana jika itu adalah kamar mandi Anda? Mungkin hantu yang ada di dalam film akan membayangi Anda selama berada di dalam kamar mandi, hehehe
Pencahayaan pada kamar mandi sama pentingnya dengan pencahayaan pada ruangan lainnya. Jika pengaturannya salah akan mempengaruhi kenyamanan dari penghuninya.  Penggunaan cahaya alami pada siang hari sangat dianjurkan. Selain hal itu menghemat biaya lampu, cahaya matahari dapat mengurangi potensi kelembapan yang bisa menimbulkan jamur dan bakteri. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan bukaan berupa jendela atau dinding kaca, tentu tetap memperhatikan privasi. Bisa diberikan tirai atau window blind. Saat sudah tidak dipakai dibuka kembali semua ventilasi agar cahaya bisa masuk.


 
Untuk malam hari penerangan bisa memanfaatkan lampu kamar mandi. Harus ditentukan mana saja area yang membutuhkan pencahayaan lebih, dan mana yang tidak begitu membutuhkan. Pencahayaan artifisial pada kamar mandi sangat dipengaruhi oleh aktivitas di dalamnya. Banyak orang memanfaatkan kamar mandi, tidak hanya untuk mandi. Berdandan bahkan membaca bisa dilakukan di ruangan ini. Maka siapkan pencahayaan yang memadai untuk setiap kegiatan. Beberapa area seperti area shower dan wastafel biasanya membutuhkan cahaya lebih. Perhatikan pula penempatannya. Area wastafel biasanya dilengkapi dengan cermin. Karena aktivitas sikat gigi, cuci muka, hingga berdandan dilakukan di sini. Untuk area cermin, baiknya tempatkan lampu di sisi kiri dan kanan. Agar arah jatuhnya cahaya tepat di wajah. Pada area shower atau bathtub bisa menggunakan lampu dinding atau lampu yang menempel di langit-langit.
Dalam menempatkan lampu di area-area basah, kehati-hatian sangat diperlukan. Jika memungkinkan pilih lampu yang memiliki perlindungan dari percikan air dan debu. Kamar mandi nyaman atau tidak bukan karena luas atau sempit ruangan dan bagus atau tidak peralatannya. Hal itu dipengaruhi oleh penataan dan kepedulian dari pemilik untuk senantiasa merawatnya.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar