Jumat, 12 Juli 2013

Kamar Mandimu, Kebersihanmu

0


Setiap hari kita menggunakan kamar mandi untuk membersihkan diri, mencuci atau bahkan menyegarkan pikiran saat stres dengan berdiam diri. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa kamar mandi kemungkinannya kecil untuk kotor karena setiap harinya terkena siraman air dan sabun. Tapi tahukah Anda bahwa justru hal itu lah yang menyebabkan timbulnya bercak noda dan kerak pada permukaan lantai, dinding dan bak mandi?

Sabun memiliki sifat mengikat kotoran. Karena aktivitas mandi dan mencuci dilakukan hampir setiap hari, partikel kotoran itu semakin menumpuk dan menimbulkan kerak yang lama-kelamaan akan sulit untuk dihilangkan. Diperparah dengan kelembaban yang disebabkan oleh air, juga mineral logam berat yang dikandungnya. Semua unsur tersebut yang tanpa disadari membuat kamar mandi Anda terlihat kotor.

Pasti rasanya tidak menyenangkan saat mendapati hal tersebut. Bahkan mungkin mood kita akan berubah, menjadi semakin stres, dan lainnya. Untuk itu mari kita simak beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Karena bersih pangkal sehat bukan? hehe

Lakukan Pembersihan Total Minimal Sekali Seminggu

Manfaatkan hari minggu atau hari libur Anda untuk membersihkan dan merapikan rumah, dan salah satu ruangan yang wajib untuk itu adalah kamar mandi!
Mulai dari menyikat kerak pada setiap permukaan lantai, dinding, bak mandi dan bagian bawah pintu dengan pembersih yang tepat. Hindari pembersih yang banyak mengandung asam klorida. Karena unsur tersebut mampu merapuhkan sambungan keramik. Jika itu sudah rapuh atau yang lebih parah yakni berlubang, kamar mandi bisa menjadi hunian baru bagi cacing atau hewan lainnya. Tentu itu akan lebih mengganggu. Setelah dibersihkan dengan sabun, siram dengan air panas. Jika kotoran belum sepenuhnya hilang, ulangi hingga beberapa kali sesuai kebutuhan.

Lakukan perawatan minimal sekali setiap hari.


Bila sempat, sikat permukaan keramik di kamar mandi dengan karbol untuk mencegah endapan kotoran yang nantinya pasti lebih sulit untuk dihilangkan. Tapi ingat untuk tidak menggunakan terlalu banyak saat di dalam WC, karena kandungan dari sabun pembersih bisa mematikan bakteri pembusuk yang berperan untuk membusukkan kotoran. Jika terlalu berlebihan, kotoran akan menumpuk dan tidak hancur seperti sebagaimana mestinya. Jika memungkinkan, sebaiknya beli pembersih yang ramah lingkungan dan tidak mematikan bakteri.

Jaga Kebersihan Saluran Air

Pasang saringan di atas saluran air untuk mencegah sampah sabun, rambut atau benda lainnya masuk dan akhirnya menyumbat. Bubuhkan baking soda untuk membersihkan kerak di dalam saluran. Tambahkan cairan cuka. Diamkan 15 menit, lalu siram dengan air panas. 



Sekian beberapa tips untuk menjaga kebesihan kamar mandi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar