Rabu, 03 Juli 2013

Taman Bunga Pribadi Pengobat Stres

0

Pemanfaatan pekarangan untuk bunga-bunga yang cantik

Membuat taman bunga di pekarangan rumah mungkin dapat menjadi solusi tepat bagi para pekerja keras untuk menghilangkan stres sepulang dari kantor. Bayangkan, Anda dapat bersantai sambil melemaskan otot, melepas kepenatan setelah seharian penuh bekerja dan menghadapi lalu lintas padat. 
Penempatan meja dan kursi taman untuk bersantai dan mengobrol

Tidak hanya bagi Anda pribadi, taman juga dapat menyatukan keluarga untuk berbincang-bincang atau bercerita mengenai harinya masing-masing. Pasangan, orangtua atau bahkan anak-anak Anda pasti akan semakin dekat saat komunikasi selalu terjaga dengan baik.


Penambahan kolam ikan membuat taman semakin hidup dan segar
Tidak selalu tanaman bunga, pohon yang besar pun sebenarnya lebih banyak memberikan kesejukan dan keteduhan
Namun yang juga perlu diperhatikan adalah bagaimana menyesuaikan bentuk taman dengan kontur lingkungan dari jenis tanah, tingkat polusi, luas lahan, dan lainnya. Dalam sebuah obrolan singkat, arsitek lanskap yang juga aktif "menghijaukan Jakarta", Nirwono Joga, mengatakan untuk membuat taman rumah, ada baiknya kita melihat lokasi dan arsitektur bangun rumahnya. Hal ini untuk menciptakan suasana harmonis dan selaras dengan lingkungan sekitar hunian. Untuk di Jakarta, kita bisa membuat taman rumah tropis. Dengan prinsip utama memberikan keteduhan, ada pohonnya yang menyerap gas polutan dan menyerap air," ujar Nirwono.

Selain keindahan, menjaga cadangan air tanah melalui taman di rumah adalah hal penting. Caranya, Anda dapat membuat taman yang mampu menyerap air lewat lubang-lubang biopori. Hindari menutup taman Anda sepenuhnya dengan beton atau aspal. Sebaliknya, Anda bisa menggunakan konblok. Alternatif lain, gunakan batu-batu kerikil untuk menutupi taman Anda. Batu-batu kerikil mempermudah air hujan tetap masuk ke dalam tanah melalui celahnya. Namun, tekstur batu tetap kasar. Hal ini membuat permukaannya tidak licin dan aman bagi Anda meski dalam keadaan basah.

Lahan yang sempit tidak menjadi masalah, pembuatan taman di tepian rumah, tetap dapat membuatnya menawan
Setelah menemukan tipe taman yang sesuai dengan Anda, keluarga dan lingkungan, jangan lupa untuk merawatnya. Lalu lihat seberapa besar peran yang bisa ia berikan dalam hal kenyamanan. Semoga Bermanfaat!





0 komentar:

Posting Komentar