Kamis, 11 Juli 2013

Sweet Story in Your Kitchen

0


Sebagian besar orang, terutama wanita akan menuju dapur saat di awal hari. Apa jadinya jika kondisi dapur kotor, berantakan, penataannya pengap dan monoton? Kemungkinan besar hari-hari Anda akan turut menjadi membosankan. 
Untuk membuat dapur tampil menarik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Desainer interior Imelda Akmal, seperti dikutip dalam bukunya Seri Rumah Ide, Minggu (9/6/2013) memberikan beberapa tips berikut: 

1. Menarik dan fungsional 
"Tampilan memang penting, namun jangan abaikan aspek fungsi," sebut Imelda. Dapur yang fungsional adalah dapur yang penempatan perlengkapan memasak dan rak-rak penyimpanannya mempermudah pemakai bekerja di dapur. 
Sebagai contoh, di samping kompor biasanya diletakkan lemari untuk rak bumbu, supaya saat memasak akan lebih mudah dan cepat untuk menambahkan bumbu. Atau misal diatas bak cuci piring dipasang rang pengering untuk piring dan gelas, dan sebagainya.



2. Ketepatan material
Material untuk jenis dapur modern lebih banyak menampilkan unsur glossy yang bisa dipenuhi bahan kaca atau akrilik. 
Dapur dengan akrilik

Bahan lain seperti lacquer juga bisa digunakan. Namun, tak ada salahnya bagi Anda yang lebih menyenangi kaca, sebab sifatnya lebih tahan gores daripada yang lain. Jangan lupakan juga material kayu. Unsur yang satu ini sebaiknya tetap dipertahankan, sebab selain natural, material ini juga tahan lama.


3. Maksimalkan kapasitas penyimpanan 
Area kosong di bawah kabinet dapur sebagian bisa dimanfaatkan sebagai lemari penyimpanan. Dimensi lemari tidak perlu terlalu besar. Lemari dengan kedalaman 10 cm sudah cukup untuk menampung koleksi gelas-gelas Anda. 

Agar tidak mengganggu aktivitas memasak, terapkan lemari dengan pintu geser. Sebaiknya pilih material pintu yang mudah dibersihkan, misalnya kaca. Karena dapur adalah ruangan yang cenderung lebih mudah kotor dibandingkan lainnya.

Sekian tips untuk tampilan dapur yang fungsional dan menarik. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar